March 31, 2009

Menjelajahi Dunia Mikro

Dunia diciptakan Tuhan dengan segala keajaiban isinya. Penciptaan setiap makhluk tidak terlepas dari tujuan penciptanya, tak ada satu makhluk pun yang diciptakan sia-sia, walaupun makhluk itu kecil dan selalu dipandang sebelah mata. Jika kita mengkaji ilmu biologi Subhanallah sudah pasti dapat membukakan mata kita akan kebesaran Illahi, betapa tidak, dalam biologi kita diajak mempelajari organisme dalam berbagai ukuran beserta prilakunya masing-masing.

Mikrooganisme merupakan istilah yang dipakai untuk sekumpulan organisme yang memiliki ukuran sangat kecil, saking kecilnya maka untuk melihatnya pun diperlukan alat khusus yang disebut mikroskop. Mikroorganismepun tidak luput dari perhatian ilmu biologi. Sebegitu banyaknya mikroorganisme ini sehingga ahli biologi sepakat untuk membagi ilmu biologi menjadi cabang-cabang ilmu disesuaikan dengan ruang lingkup mikroorganisme ini, sehingga muncullah cabang ilmu biologi seperti bakteriologi, mikologi, bahkan untuk sesuatu yang tidak digolongkan sepenuhnya sebagai organisme dipelajari dalam ilmu virologi. Sesuai dengan ruang lingkup mikroorganisme yang diperdalam virologi secara khusus membedah tentang virus, mikologi tentang jamur dan bakteriologi tentang bakteri.

virologi merupakan ilmu tentang virus. Dalam taksonomi hewan, virus tidak dikategorikan sebagai makhluk hidup karena memiliki sifat-sifat yang berbeda dengan makhluk hidup. Sifat khas yang dimiliki virus adalah dapat dikristalkan dan hanya dapat berreproduksi jika berada pada makhluk hidup lain.

0 komentar: